Certified Instructors-Indonesian Board of Hypnotherapy

Sunday, October 16, 2011

MOTIVATION (MOTIVE for ACTION)

Apa yang membuat seseorang cepat bagai kilat berlari menuju impiannya dan apa pula yang membuat ia terhenti dan tak tahu kemana ia harus melangkah lagi?
Dalam pelatihan dan seminar yang pernah saya bawakan, sebagian besar materi yang saya berikan adalah bagaimana setiap orang mencapai tujuan dalam hidupnya, tepatnya tujuan-tujuan hidupnya dan bukan tujuan hidupnya. Bingung dengan kalimat yang saya ulang-ulang diatas? Memang, kita hidup memiliki tujuan-tujuan. Disadari atau tidak, kita sedang menuju kesana. 

Jika Anda percaya bahwa Tuhan adalah Maha Baik, maka Tuhan memang sudah menyiapkan tujuan-tujuan baik bagi kita dalam menjalankan hidup. Hanya saja persoalannya, jalan mana yang Anda ambil dan bagaimana cara menjalaninya.

Pencarian jalan pintas menjadi hal yang paling dicari banyak orang namun banyak yang malah tersesat didalamnya. Menjalaninya saja tanpa tahu apa yang harus dilakukan saat mendapat tantangan dan rintangan membuat perjalanan hidup terseok-seok  mungkin terpuruk.

Sahabat, jalan pintas sebenarnya lebih sering tidak dibutuhkan dalam berjalan menuju tujuan. Mengapa demikian? Pernahkah Anda mendengar kata "Makan Asam Garam"? Pasti Pernah ya. Pengalaman hidup sangat penting bagi kita karena dengannya kita belajar agar di kemudian hari saat rintangan datang, Anda sudah terampil dalam menghadapinya. Nah ini dia persoalannya, saya sering melihat bahwa banyak orang tidak sabar menjalani ini.


MINDSET FIRST then STRATEGY

Dalam menjalani kehidupan butuh strategi-strategi dan itu benar, sepertinya sampai saat ini saya juga memercayai itu, tetapi dalam menjalankan strategi-strategi itu membutuhkan kepercayaan yang benar, keyakinan yang baik, dan pola pikir yang selalu berorientasi pada tujuan yang telah kita tetapkan. Apa yang dibutuhkan untuk menjaga semua itu berjalan lancar? MOTIVASI.

Anda membutuhkan Motive dalam setiap Anda melakukan Aksi, Yes... Motivasi adalah Motive untuk beraksi alias alasan/penyebab mengapa manusia mau melakukan apapun untuk mencapai tujuan-tujuannya. 

Sekarang saya akan berikan Anda alasan mengapa Anda harus segera bergerak. Jawablah pertanyaan-pertanyaan saya dalam hati dan cara menjawabnya adalah dengan membiarkan pikiran Anda menjawabnya tanpa intervensi diri Anda yang selalu menginginkan jawaban yang 'terdengar' sesuai. 

Karena Anda tahu bahwa pikiran Anda adalah jujur yang selalu mengatakan apa yang dirasakan dan merasakan apa yang dikatakan.
Pertanyaan Pertama:

Apakah Anda sadar bahwa ada orang-orang yang mencintai Anda dan selalu mendukung Anda untuk sukses? 

Pertanyaan Kedua:

Apakah Anda memiliki orang yang Anda cintai?

Pertanyaan Ketiga:

Apakah Anda sudah tahu apa yang akan Anda lakukan esok?

Jika semua pertanyaan terjawab "Ya", Anda adalah orang yang bahagia. Sahabat, pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang ditanyakan oleh Confucius dan selalu saya tanyakan pada diri saya. Saat saya tahu Kenapa, untuk Apa dan Siapa maka saya baru beralih ke Bagaimana. Tiga pertanyaan diatas layaknya ditanyakan berulang-ulang pada diri sendiri yang akan terus menjaga Mengapa kita melakukan apapun.

Sebagai Penutup, 

SEORANG PRIA YANG HEBAT, BERSAMANYA ADA ISTERI YANG MENGHEBATKAN SUAMINYA DENGAN KEKUATAN DAN KESABARANNYA.

Sesungguhnya, apabila seorang suami memandang isterinya (dengan kasih & sayang)
dan isterinya juga memandang suaminya (dengan kasih & sayang),
maka Allah akan memandang keduanya dengan pandangan kasih & sayang.
Dan apabila seorang suami memegangi jemari isterinya
(dengan kasih & sayang)
... maka berjatuhanlahdosa-dosa dari segala jemari keduanya”

(HR. Abu Sa’id)


Tulisan ini saya dedikasikan bagi Isteri saya Dini Suryani yang hingga saat ini membuat saya terus menyadari MINDSET yang baik dan menjalankan STRATEGY untuk menjalani kehidupan dengan tujuannya agar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang disekitar kami.