Certified Instructors-Indonesian Board of Hypnotherapy

Friday, December 18, 2009

Hypnofinance

Membaca judul diatas, mungkin Sahabat bertanya-tanya, “Apa ga salah Judul?” Percayalah Sahabat, ini tidak salah judul. Hebatnya Hipnosis sebagai ilmu komunikasi memang selalu dapat dikombinasikan dengan ilmu apa saja.

Saya kira Sahabat semua sudah paham arti dari Hypnosis dan di tambah Finance yang artinya pembiayaan. Jadi silakan Sahabat simpulkan sendiri, apa artinya ketika kedua kata tersebut di gabung.

Yang membuat saya menulis hal ini adalah ketika merayakan Idul Fitri dirumah orangtua saya. Hal ini terjadi dihari ke-2. Saat itu anak saya, Irfan, meminta untuk dibelikan F**ta minuman bersoda, yang warna merahnya selalu memikat banyak orang untuk meminumnya terutama di kala hari yang panas.

Saat itu Lebaran hari ke-2, stok minuman sudah habis karena pada hari pertama banyak keluarga yang berkunjung. Untuk menikmati F**ta, saya harus membeli ke minimart dulu, dan lagi letaknya agak jauh dari rumah.

Saya ajak anak saya menuju lemari es, membukanya dan mengambil segelas air dingin. Selagi anak saya memperhatikan, dari wajahnya dia bingung dan bisa jadi berbicara pada dirinya sendiri, karena dia tahu bahwa didalam lemari es tidak ada minuman yang dimintanya kecuali air putih dingin, saya langsung mengatakan, “ah....Segaaaa...r”.

“Fan..”, lanjut saya. “Irfan tadi mau minum F**ta kan?” Ia mengangguk dan mulai tidak sabar untuk melihat minuman yang dimintanya. “Fan, sekarang F**ta nya kan belum ada, tapi ada yang lucu nih.” Irfan masih mendengarkan. “Barusan Bapak minum air putih, tapi lucunya rasa air putihnya kayak F**ta, Irfan mau coba?” Ia mengangguk tanda sepakat.

“Irfan lihat ya, yang Bapak pegang ini air putih, tapi kalau Irfan mau rasanya bisa seperti F**ta. Sekarang lihat sekali lagi dan Irfan masih inget kan rasanya F**ta? Siap ya...Satu...Dua...Tiga...air putih rasa F**ta...” Begitu sugesti selesai di ucapkan, gelas berisi air putih saya berikan dan anak saya meminumnya sambil benar-benar merasakannya.

Untuk memastikan bahwa yang ia rasakan sudah sesuai dengan yang ia pikirkan, saya tanya, “Gimana Fan? Rasa F**ta kan?” Ia menjawab, “Iya Pak. Enak!”

Akhirnya saya bisa menghemat untuk tidak membeli F**ta..he..he... Dan itu lah yang saya maksud dengan Hypno Finance walaupun yang baru saja saya tuliskan adalah makna sempit dari Hypno Finance. Yang terpenting adalah bagaimana Hypnosis bisa membuat orang bahagia.