Certified Instructors-Indonesian Board of Hypnotherapy

Friday, December 18, 2009

Hitung Maju dan Sabaaa...aaar!

(Posted in ibhcenter.org on 23 Aug 2009)

Marhaban Ya Ramadhan! Di bulan berkah ini kita sekali lagi memasuki bulan "PELATIHAN" yang setelah melaluinya, kita menjadi manusia-manusia yang lebih baik.



"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (al-Baqarah:183)



Saya kira semua sepakat bahwa pelatihan yang paling berat adalah mengalahkan hawa nafsu diri sendiri, dan semua orang setuju bahwa jika ditanya siapa orang yang paling di cintai, maka jawabnya adalah diri sendiri. Karena hal tersebutlah kita masih sering terpancing mengikuti hawa nafsu diri sendiri. Hal yang sering terjadi adalah karena perut terasa lapar dan badan terasa lelah maka hawa nafsu kita memberi sinyal bahwa sah-sah saja bagi kita untuk marah jika ada sesuatu yang membuat kita kesal.

Jika dilihat secara harfiah Hawa Nafsu berasal dari kata bahasa arab yaitu Nafs yang sebetulnya lebih berarti Jiwa. Nah...Penafsiran saya lebih lanjut, jiwa adalah bawah sadar kita karena bawah sadar kita 88% mempengaruhi jiwa kita. Maka kuncu dari pengendalian hawa nafsu terletak pada bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan bawah sadar kita.

Satu tips sederhana yang saya dapatkan dari pola bahasa Milton H. Erickson yang telah saya sesuaikan untuk diri saya sendiri terasa layak untuk dibagi disini. Jika tidak layak..mohon dikembalikan, he..he..

Pola bahasa itu ialah yang ia biasa gunakan dalam proses deepening hipnosis, yaitu counting Front atau Menghitung Maju. 1..2..3..4..5..6..dst.

Ketika situasi diluar diri kita memancing bawah sadar untuk MARAH, maka dengan segera;

- Tarik nafas panjang dan hembuskan perlahan serta katakan dalam hati Rileks...

- Katakan pada bawah sadar kita, "Hai Bawah Sadar aku begitu mencintaimu. Aku hitung dari 1 sampai 5 dan dalam hitungan ke-5 kamu menjadi lebih sabar.

- 1..sabar..2..nikmati saja rasa ini..3..semakin sabar..4..ikhlas...5..dan menjadi lebih sabar...

- Ucapkan terimakasih pada bawah sadar yang mau bekerja sama dan berdoalah kepada Allah SWT agar terus dikaruniai kesabaran. Dan ingat...kesabaran tidak pernah ada batasnya....

"Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antar mereka." (al-Insaan:24)