Certified Instructors-Indonesian Board of Hypnotherapy

Sunday, April 14, 2013

TERNYATA GURUNYA EYANG SUBUR JAGO NLP


Beberapa waktu lalu  ketika berita tentang Eyang Subur sedang panas-panasnya, tidak sengaja saya menonton acara infotainment di TV. Saat itu diberitakan seseorang yang kabarnya adalah guru dari Eyang Subur menolak mengatakan bahwa Eyang Subur adalah muridnya.

Ia mengatakan bahwa Subur memang pernah datang kepadanya untuk meminta penglaris agar usaha jahitnya ramai pelanggan. Anda tahu apa yang disaratkan pada Subur ini? Hanya membawa rupa-rupa kembang dan merendam kembang-kembang ini dalam air. Subur diminta untuk mandi menggunakan air rendaman kembang ini dan sisanya disiramkan disekeliling tempat usahanya.

Apakah ada “bau” mistis dalam ritual ini? Tidak sama sekali. Dugaan saya adalah saat Subur meminta penglaris, bau badannya tidak menyenangkan. Jika , yang dianggap, gurunya saja tidak tahan baunya, apalagi calon pelanggannya (hehehe…). Ritual mandi kembang sudah dijalankan oleh spiritualis tradisional (dukun) sejak dahulu kala. Itu memang karena pada jaman dahulu kembang adalah salah satu sumber pewangi tubuh. Bukan hanya orang yang menginginkan penglaris, putri-putri raja pun mandi kembang.

Wangi tubuh ini memiliki dua efek sekaligus. Terhadap yang mencium wangi ini, dalam konteks eyang Subur adalah calon pelanggannya dan terhadap diri sendiri, saat kita wangi pikiran menjadi lebih segar senyum mudah terkembang dan kepercayaan diri muncul. Tiga syarat tersebut memang dibutuhkan dalam proses penjualan Moment of Truth, yaitu dalam tiga detik pertama saat kontak dengan calon pelanggan.

Tempat usaha yang wangi juga akan menjadi daya tarik pelanggan. Tempat yang wangi mengisyaratkan kebersihan, kebersihan mengisyaratkan ketelitian, ketelitian mengisyaratkan profesionalisme dan hebatnya otak kita akan memproses isyarat-isyarat tersebut jauh lebih cepat dari waktu yang saya butuhkan untuk mengetik kalimat diatas. Dulu orang menggunakan kemenyan untuk pewangi ruangan, namun saat ini menyan merupakan wewangian yang terlanjur diasosiasikan dengan
mistis.

Entah guru dari Pak Subur ini pernah belajar NLP dari Jawara-jawara NLP Indonesia seperti Pak Ronny FR atau Pak Hingdranata Nikolay, yang pasti syarat mandi kembang dan siram air kembang tersebut telah membawa Pak Subur masuk kedalam Circle of Excellence yang menjadi modal utama menjalankan usaha.