Certified Instructors-Indonesian Board of Hypnotherapy

Friday, January 15, 2010

Pseudo Hypnosis

Sahabat...Hypnosis is Easy. Lalu apalagi dengan judul diatas?Pseudo artinya 'palsu' atau bohong-bohongan. Ini adalah sebuah trik dengan memanfaatkan prinsip kerja fisiologi manusia.

Lalu apa pentingnya trik ini? Hypnosis membutuhkan kesepakatan antara Klien dan hipnotisnya (tukangnya) sehingga klien benar-benar mempercayakan dirinya untuk menerima sugesti.

Namun terkadang sugesti tidak berjalan dengan baik karena hipnotisnya belum memahami tingkat sugestivitas kliennya atau klien tidak percaya bahwa sugesti dapat bekerja pada dirinya. Jika itu yang jadi persoaalan...Terkadang Pseudo Hypnosis dapat digunakan. Tapi jangan sampai ketahuan kalau ini adalah sebuah trik ya...kalau klien tahu, kepercayaannya turun lagi deh...

Fungsi lainnya, bagi sahabat yang belum sempat mempelajari Hypnosis, dapat menggunakan trik ini untuk bermain sehingga seolah-olah sahabat memang memiliki keterampilan menggunakan hipnosis, atau untuk mencairkan suasana dan menunjukkan bahwa hypnosis itu mudah. Tapi ingat...permainan atau apapun tidak boleh melanggar prinsip-prinsip yang berlaku di Masyarakat.

============================================
Trik Mata Lengket.

Sugestinya: "Sebetulnya hipnosis ini mudah lho,semua orang bisa di hipnosis...(Jeda Sebentar) tapi ada syaratnya...(Jeda lagi dan biarkan klien mencari jawabannya sendiri)....

Sekarang tutup mata dan tarik nafas panja...ng (Intonasi agak didramatisir biar kayak Rommy Rafael atau paling tidak Uya Kuya..he.he.he.)

Alam semesta penuh dengan sinar dan penuh dengan warna, sekarang lihat sebuah sinar dengan warna yang Anda paling sukai di atas kepala Anda. (Sambil menyentuh kening bagian atas yang berbatasan dengan garis rambut dengan telunjuk untuk memandu klien menatap kearah tersebut)

Perhatikan dan nikmati terus warnanya (telunjuk boleh di angkat jika sudah yakin bola matanya menatap ketempat yang ditunjuk tadi, jika tidak biarkan jari telunjuk sahabat tetap menempel).

Dan ketikan Anda sudah menjadi sangat fokus dan merasa senang melihat cahaya itu, mata Anda menjadi sulit untuk dibuka. Semakin dicoba semaki...n lengket....(Pastikan bola matanya masih mengarah melihat kebagian telunjuk tadi)

============================================

Sahabat...

Anda telah membuktikan bahwa Anda "memiliki" kemampuan hipnosis, tapi Pseudo..he.he.he.

Bagaimana jika belum berhasil? Coba terus dan katakan pada klien bahwa ia hanya butuh latihan konsentrasi.

Memang materi ini dibuat khusus bagi Anda yang ingin memeriahkan suasana, jadi lakukan lah dengan suka cita layaknya permainan dan permainan digunakan untuk kesenangan bersama bukan untuk mempermainkan seseorang bagi kesenangan pihak lain.

Masih ada beberapa permainan lagi sehubungan dengan Pseudo Hypnosis. Setelah tahu bagaimana mekanisme Pseudo Hypnosis, sahabat bisa berlatih Hypnosis yang sebenarnya.

Selamat mencoba dan SUKSES.