Certified Instructors-Indonesian Board of Hypnotherapy

Tuesday, February 26, 2013

Ilmu Basa Basi bukan Ilmu Basi

Selamat Pagi para Sahabat Hebat, senang saya menjumpai Anda lagi hari ini dan saya selalu berharap bahwa saya bisa memberi banyak manfaat melalui Blog ini, dan Anda yang menginginkan hal yang sama, untuk menjadi manfaat bagi lebih banyak orang, silakan share halaman blog ini menggunakan sumber daya apa saja yang Anda miliki, sms, bbm, blog, fb, tweeter, bahkan surat pos..hehehe..

Dulu pernah ada slogan yang sering terdengar "Bukan Basa Basi" dan sejak saat itu seolah kita dituntut untuk langsung to the point dan basa basi menjadi "dosa". Nah lho... Yupe beneran. Orang yang berbasa basi seolah tidak tulus dalam berkomunikasi dan punya tujuan yang tidak baik.

Saat ini di era informasi dan komunikasi, kemampuan untuk menyampaikan ide menjadi sangat penting. Berkomunikasi seperti saat Anda mengendarai mobil. Anda memulai dengan menyalakan mesin dan kemudian memulainya dengan gigi satu, selanjutnya dua, dan seterusnya. Komunikator yang baik tahu bagaimana mengendarai mobil transmisi otomatis maupun manual, bukan hanya tahu namun juga terampil. Menggunakan kopling manual bukan perkara mudah buktinya, istri saya hanya ingin naik mobil dan saya yang mengendarainya..cieeeeh... GR deh saya.

Para penjual membutuhkan ilmu ini dan seperti yang kita ketahui bersama, kita semua adalah penjual. Dalam pelatihan dan lokakarya yang saya bawakan bagi praktisi penjualan, persoalan utama mereka untuk bertemu calon klien baru adalah saat memulainya. Mereka hanya perlu tahu FORM (bentuk) dari basa basi. Yes, FORM. Family, Occupation, Recreation, dan Money. Empat topik pembicaraan tadi merupakan senjata ampuh untuk memulai pembicaraan.

FAMILY
Ketahui apakah calon klien Anda memiliki keluarga, berapa anaknya, dan akan lebih baik Anda mengetahui nama nama mereka. Jika Anda belum tahu, tenang. Bisa jadi ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ia sudah memiliki keluarga dan anak-anak. Perhatikan tanda-tandanya. Dari apa yang ia katakan, foto yang dipajang, majalah keluarga atau anak diatas meja, atau apapun. Tanyakan tentang mereka. Orangtua sangat senang jika anaknya mendapatkan tempat yang baik dalam pembicaraan.

OCCUPATION
Yang menjadi kebanggaan setelah keluarga adalah pekerjaan. Berbicara atau mendengarkan kesuksesan calon klien kita membuat kita mendapatkan informasi seperti apa calon klien Anda ini.Hanya bicarakan hal-hal positif saja. RECREATION Berbicara tentang hobi dan hal-hal menyenangkan untuk dilakukan dapat membuat suasana juga m3njadi menyenangkan. Silakan Anda praktikkan ini dan buktikan kata-kata saya, lalu kasih tau saya hasilnya ya di setiawan.andrie@gmail.com

MONEY
Bukan membicarakan tentang jumlah uangnya, tetapi tentang apa yang sudah ia ciptakan dengan uangnya. Hal ini juga artinya berbicara seberapa bermanfaat ia dengan uang yang ia miliki.

So, Anda sudah tahu bahwa berbasa basi harus memiliki polanya (FORM), Setelah Anda tahu kini saatnya Anda praktikkan.