Certified Instructors-Indonesian Board of Hypnotherapy

Thursday, February 28, 2013

HYPNOTIC LEADER-SHIP

Apakah Anda pernah berlayar dalam kapal pesiar?

Mengapa Anda mau berada disana, tepatnya, mengapa Anda mengijinkan sang kapten memimpin kapal pesiar tersebut? 

Apakah kapal tersebut menuju satu tujuan? 

Apakah orang-orang yang berada dalam kapal tersebut memiliki tujuan yang sama? 

Dimulai dari pertanyaan no.2, tentu Anda mau dipimpin oleh sang kapten karena ia memiliki kredibilitas yang Anda percaya ia memiliki kemampuan dalam menjalankan kapal, walaupun kemampuan kapten di setiap kapal berbeda-beda, Anda tetap yakin bahwa ia memiliki standar melalui pendidikan dan pengalaman untuk menjalankan tugasnya. Ini yang dinamakan kredibilitas yang diyakini pengikutnya. Anda yang juga seorang pemimpin juga harus memiliki kredibilitas sebagai modal awal. 

Pertanyaan ketiga, jelas tentu saja sebuah kapal hanya akan menuju satu tujuan dalam satu waktu. Sebuah organisasi memiliki satu tujuan dan setiap orang harus tahu kemana tujuan kapal tersebut agar calon penumpang Anda bisa membuat keputusan yang tepat untuk terus mengikuti atau mengurungkan niat sebelum masuk kedalam kapal Anda. Mereka yang sudah memahami kemana arah kapal akan lebih mudah untuk dipimpin. 

Terakhir, jawabannya adalah, setiap orang memiliki tujuan berbeda walau berada dalam satu kapal. Memang benar bahwa kapalnya memiliki satu tujuan tetapi mengapa orang-orang naik kapal tersebut tentu memiliki jawaban yang berbeda-beda; ada yang ingin berbelanja sesampainya ditujuan, ada yang hanya ingin berfoto, ada yang sekalian ingin mengunjungi kerabatnya, ada yang bahkan menghindar dari orang-orang ditempat asalnya, dan lain sebagainya. Sebagai seorang pemimpin, mengetahui tujuan masing-masing anggota dan memiliki keterampilan untuk mengakomodasinya akan memudahkan Anda untuk menyemangati dan memberi motif mengapa mereka harus tetap bersama Anda, mendukung Anda untuk mencapai tujuan organisasi dan tujuan individu. 

Baca tulisan saya berikutnya tentang Meta Program untuk para Pemimpin.